Penerapan Teknologi VoIP di kehidupan sehari-hari

Assalamualaikum WR WB. Perkenalkan nama saya Taufiqurahman kelas 4IA12 NPM : 50406709. Saat ini saya ingin membahas Penerapan Teknologi VoIP di kehidupan sehari-hari. Sebelum saya membahasnya, terlebih dahulu kita kaji apa itu VoIP. VoIP merupakan teknologi komunikasi suara dengan melewatkan voice (suara) pada jaringan internet protocol (IP). VoIP membungkus (encapsulated) voice (suara) dengan encapsulations protocol jaringan IP. Pengiriman paket data dilewatkan dengan paket data lainnya di jaringan intenet. VoIP sendiri menggunakan sebuah protocol untuk pentransferan data.

VoIP sendiri dilewatkan pada jaringan internet bukan pada jaringan PSTN. PSTN adalah Public Switch Telephone Network. Jaringan PSTN ini menggunalan jaringan infratruktur telephone yang diselenggarakan oleh teleco. VoIP merupakan teknologi komunikasi yang sedang berkembang saat ini. Banyak layanan aplikasi VoIP digunakan berkomunikasi secara gratis melalui komputer atau melakukan panggilan murah dari computer ke telepon. Ada satu system yang memungkinkan kita untuk bertelepon gratis dengan siapa saja di seluruh dunia, contohnya Skype, begitu juga Voip Rakyat, Voip Merdeka. Selain itu dapat difungsikan sebagai messenger, media konferensi, atau alat untuk berkirim file. Tetapi banyak kendala dalam menjalankan layanan aplikasi VoIP gratis seperti ini, karena banyak pengguna yang akses. VoIP berkembang karena adanya persaingan yang bebas dan dukungan pemerintah, setidaknya inilah yang terjadi di Amerika. Monopoli perusahaan besar dihindari (misalnya monopoli AT&T diakhiri pada tahun 1984) dan pengawasan ketat pada persaingan yang sehat (misalnya saat dua internet backbone service provider terbesar, MCI dan WorldCom merger pada tahun 1998, pemerintah tetap berusaha agar tidak ada perusahaan yang mendominasi dengan mewajibkan internet backbone mereka dipakai oleh perusahaan kompetitor).

Perbandingan VOIP dengan PSTN

Alasan mengapa VoIP menguntungkan yaitu :
1. Kalau kita menggunakan VoIP, kita tidak dikenakan biaya rekening telephone
2. Satu link bisa digunakan untuk data dan voice
3. Ekonomis
4. Hemat waktu

Tetapi dibandingkan VoIP , PSTN jauh lebih menguntungkan daripada VoIP yaitu
1. Mempunyai voice mail
2. Audioconferencing
3. Unifed messaging
4. Directory services
5. Presence
6. Video conferences
7. Click to dial
8. Dial plans
9. Soft clients

OSI Layer pada VoIP Yaitu :


Komponen VoIP
Yaitu
A. USER AGENT
Terdiri dari :
1. Softphone SIP
- SJphone
- X-lite
2. Softphone IAX
- Idefisk
- IaxLite
3. Softphone H.323
- Netmeeting

Banyak sekali teknologi VOIP yaitu
1. IP Phone, yaitu teknologi VOIP berbentuk telepon biasa, terhubung langsung ke jaringan IP (tidak melalui perangkat lain)
2. USB Phone/ Wireless/ Bluetooth, yaitu teknologi VOIP berbentuk seperti telepon genggam, menggunakan kabel dan terhubung ke PC melalui port USB
3. Internet Telephony Gateway( ITG), yaitu
- Port FXS terhubung ke telepon biasa
- Port FXO terhubung ke PSTN langsung atau PBX
4. Analog Telephone Adaptor (ATA), yaitu teknologi VOIP dengan port FXS saja

B. PROXY
1. Softswitch
- Open Source
- Asterisk
- OpenSER
- SER
- Yate
2. Non Open Source
- Axon
- OnDO SIP Server

C. PROTOCOL



D. CODEC (CODEC DECODER)
1. Open Source dan Free
- GSM
- Ilbc
- Speex
- G711
2. Licensed
- G729
- G723
Bandtwidth Teknologi VoIP yaitu :



Legal atau Ilegalkah VoIP
- Harus ada izin dari POSTEL sebagai penyedia layanan VoIP di Indonesia
- Legal jika digunakan untuk internal perusahaan dan pengguna pribadi(tidak mengkoneksikan ke operator)
- Monopoli operator pemerintah

Penerapan Tekonologi VoIP



- Di daerah Luwu Utara, teknologi VoIP sudah diterapkan , sehingga dapat berkomunikasi tanpa pulsa antara Bone – Bone, Sabbang dan kantor Bupati. Itu tidak lepas dari pembangunan jaringan komunikasi berbasis internet protocol (Tower) yang menghubungkan 2 kantor kecamatan tepatnya di kecamatan perbatasan sebelah utara dan timur, termasuk kantor Bupati menelan anggaran Rp 500 juta. Infrastruktur ini ibarat jalan yang siap melewatkan data, suara, gambar dan aplikasi SIM.

- VoIP sudah diterapkan di Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, namun penerapannya masih didasarkan pada kebutuhan sesaat dan bersifat uji coba dari teknologi VoIP. Pada tahun 2007 penerapan relatif masih sederhana untuk menyambungkan beberapa nomer extension PABX di kantor Gatot Subroto dan Kalibata. Model yang digunakan adalah merupakan interface yang menjembatani antara PABX konvensional ke PABX konvensional. Jadi belum dibuat sebuah IP-PABX yang sebenarnya. Hasil analisis pada 2007 dapat digunakan untuk mengevaluasi pemanfaatan dari VoIP terutama dilihat tingkat penghematan pemakaian pulsa telpon PSTN antar dua kantor Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI. jadi penerapan VoIP dengan menggunakan VoIP Gate way yang menghubungkan kedua kantor Gatot Subroto dan kantor Kalibata sudah dapat berfungsi beberapa titik.

Referensi :
1. deris.unsri.ac.id/materi/komdat/voip.pdf
2. http://www.luwuutara.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=186

Link universitas Gunadarma :
http://www.gunadarma.ac.id/
0 Responses
abcs